cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di android

Diposting pada

Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika mencoba memutar video di perangkat Android Anda dan mendapati bahwa video tersebut tidak bisa diputar? Jika iya, jangan khawatir, Anda tidak sendiri. Banyak pengguna Android yang mengalami masalah serupa. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki video yang tidak bisa diputar di perangkat Android Anda.

1. Periksa Format Video

Salah satu alasan umum mengapa video tidak bisa diputar di perangkat Android adalah karena format video yang tidak didukung oleh perangkat Anda. Android mendukung berbagai format video, seperti MP4, MKV, AVI, dan lain-lain. Namun, jika video yang Anda coba putar memiliki format yang tidak didukung, perangkat Anda tidak akan dapat memutarnya.

Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa format video. Anda dapat melihat format video dengan mengklik kanan pada file video di komputer Anda dan memilih “Properties” atau “Info”. Jika format video tidak didukung, Anda dapat mengonversinya ke format yang didukung menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti HandBrake atau Format Factory.

2. Perbarui Aplikasi Pemutar Video

Kadang-kadang, video tidak bisa diputar di perangkat Android karena masalah dengan aplikasi pemutar video yang Anda gunakan. Aplikasi pemutar video yang usang atau tidak diperbarui dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk memutar video dengan benar.

Untuk memperbaiki masalah ini, perbarui aplikasi pemutar video Anda ke versi terbaru. Anda dapat melakukannya dengan membuka Google Play Store, mencari aplikasi pemutar video yang Anda gunakan, dan memilih “Update” jika tersedia. Jika perbaruan tidak tersedia, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi dan mengunduhnya kembali dari Play Store untuk memperbaiki masalah tersebut.

3. Periksa Ruang Penyimpanan Tersedia

Kurangnya ruang penyimpanan di perangkat Android Anda juga dapat menyebabkan video tidak bisa diputar. Ketika ruang penyimpanan hampir penuh, perangkat Android mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan data sementara yang diperlukan untuk memutar video.

Untuk memeriksa ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda, buka Pengaturan, pilih “Penyimpanan” atau “Storage”, dan lihat berapa banyak ruang yang tersedia di perangkat Anda. Jika ruang penyimpanan hampir penuh, Anda dapat memulihkan ruang penyimpanan dengan menghapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan.

4. Hapus Cache Aplikasi Pemutar Video

Cache yang terkumpul di aplikasi pemutar video Anda juga dapat menyebabkan video tidak bisa diputar. Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat pengambilan data di masa mendatang. Namun, cache yang terlalu besar dapat mempengaruhi kinerja aplikasi dan menyebabkan masalah seperti ini.

Untuk menghapus cache aplikasi pemutar video, buka Pengaturan, pilih “Aplikasi” atau “Applications”, cari aplikasi pemutar video yang Anda gunakan, dan pilih “Hapus Cache”. Setelah menghapus cache, coba putar video lagi dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

5. Restart Perangkat Anda

Jika video masih tidak bisa diputar setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba untuk me-restart perangkat Android Anda. Restarting perangkat dapat membantu memperbaiki masalah kecil yang mungkin terjadi pada sistem operasi atau aplikasi.

Untuk me-restart perangkat, tahan tombol daya perangkat Anda sampai muncul opsi untuk me-restart. Pilih opsi tersebut dan tunggu perangkat Anda menyala kembali. Setelah perangkat menyala kembali, coba putar video lagi dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

6. Periksa Koneksi Internet

Jika video yang tidak bisa diputar berasal dari streaming online, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat. Koneksi internet yang buruk dapat mempengaruhi kemampuan perangkat Anda untuk memutar video dengan lancar.

Untuk memeriksa kecepatan koneksi internet Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Speedtest atau Fast.com. Jika kecepatan koneksi internet Anda lambat, Anda dapat mencoba menghubungkan perangkat Anda ke jaringan Wi-Fi yang lebih cepat atau menggunakan koneksi data seluler yang lebih stabil.

7. Gunakan Pemutar Video Alternatif

Jika semua langkah di atas tidak berhasil memperbaiki masalah video yang tidak bisa diputar di perangkat Android Anda, Anda dapat mencoba menggunakan pemutar video alternatif. Ada banyak aplikasi pemutar video yang tersedia di Google Play Store yang mungkin dapat memutar video yang tidak bisa diputar oleh aplikasi bawaan Anda.

Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi pemutar video alternatif dari Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi, buka video yang tidak bisa diputar menggunakan aplikasi tersebut dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

8. Periksa Kualitas Video

Kadang-kadang, video yang tidak bisa diputar di perangkat Android disebabkan oleh kualitas video yang terlalu tinggi atau tidak didukung oleh perangkat Anda. Video dengan resolusi tinggi atau bitrate tinggi mungkin memerlukan lebih banyak daya pemrosesan, yang mungkin tidak dapat ditangani oleh perangkat Android tertentu.

Untuk memeriksa kualitas video, Anda dapat membuka file video di komputer Anda dan melihat resolusi video dan bitrate-nya. Jika video memiliki resolusi atau bitrate yang tinggi, Anda dapat mencoba mengonversinya ke resolusi yang lebih rendah atau bitrate yang lebih rendah menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti HandBrake atau Format Factory.

9. Perbarui Sistem Operasi Android Anda

Masalah dengan pemutaran video di perangkat Android Anda juga dapat disebabkan oleh masalah dengan sistem operasi Android itu sendiri. Kadang-kadang, pembaruan sistem operasi dapat memperbaiki masalah yang ada.

Untuk memeriksa pembaruan sistem operasi Android Anda, buka Pengaturan, pilih “Tentang Perangkat” atau “About Phone”, dan pilih “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Software Update”. Jika pembaruan tersedia, unduh dan pasang pembaruan tersebut.

10. Hubungi Dukungan Teknis

Jika setelah mencoba semua langkah di atas video masih tidak bisa diputar di perangkat Android Anda, mungkin ada masalah yang lebih serius dengan perangkat Anda. Dalam hal ini, disarankan untuk menghubungi dukungan teknis dari pabrikan perangkat atau layanan pelanggan dari aplikasi pemutar video yang Anda gunakan.

Umumnya, mereka akan dapat memberikan solusi yang lebih spesifik dan bantuan yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah ini. Mereka mungkin meminta Anda untuk mengirimkan log atau informasi lainnya tentang masalah yang Anda hadapi, jadi pastikan Anda siap untuk memberikan informasi tersebut.

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Anda memperbaiki masalah video yang tidak bisa diputar di perangkat Android Anda. Jika Anda masih mengalami masalah, jangan ragu untuk mencari bantuan tambahan dari sumber-sumber yang dapat dipercaya. Ingatlah bahwa setiap perangkat Android mungkin memiliki konfigurasi yang berbeda, jadi beberapa langkah mungkin tidak berlaku untuk perangkat Anda secara khusus.

Related video of cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di android