cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Diposting pada

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu tahap penting dalam mencari pekerjaan. Surat ini menjadi langkah awal untuk menarik perhatian perekrut dan memperoleh kesempatan wawancara. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menulis surat lamaran pekerjaan yang efektif.

1. Pahami Tujuan Surat Lamaran

Sebelum mulai menulis surat lamaran pekerjaan, Anda perlu memahami tujuan dari surat tersebut. Surat lamaran bertujuan untuk memperkenalkan diri Anda kepada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Anda perlu menjelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana kualifikasi Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Perhatikan Format Surat Lamaran

Format surat lamaran pekerjaan umumnya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian pembuka, isi surat, dan penutup. Bagian pembuka berisi salam pembuka dan pengenalan diri. Isi surat berisi penjelasan mengenai kualifikasi Anda dan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Penutup berisi ungkapan terima kasih dan harapan untuk dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

3. Gunakan Bahasa Formal dan Jelas

Surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan bahasa formal dan jelas. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu informal atau slang. Pastikan penggunaan tata bahasa dan ejaan benar. Jaga gaya penulisan tetap profesional dan gunakan kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca.

4. Penyebutan Nama Penerima dengan Tepat

Saat menulis surat lamaran, penting untuk mencantumkan nama penerima surat dengan tepat. Carilah informasi mengenai nama dan jabatan orang yang bertanggung jawab atas perekrutan di perusahaan tersebut. Jika Anda tidak mengetahui nama tersebut, gunakan gelar atau jabatan yang umum seperti “Bapak/Ibu HRD”.

5. Jelaskan Motivasi Anda

Salah satu hal penting dalam surat lamaran pekerjaan adalah menjelaskan motivasi Anda untuk melamar posisi tersebut. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan dan posisi yang sedang dibuka. Tunjukkan rasa antusiasme Anda dan bagaimana Anda percaya bahwa posisi tersebut cocok dengan minat dan kualifikasi Anda.

6. Ceritakan Pengalaman dan Keahlian yang Relevan

Bagian isi surat lamaran adalah kesempatan bagi Anda untuk menjelaskan pengalaman dan keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Ceritakan pengalaman kerja sebelumnya yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang sedang Anda lamar. Jelaskan proyek atau pencapaian tertentu yang dapat mendukung kualifikasi Anda.

7. Sertakan Referensi Jika Memungkinkan

Jika Anda memiliki referensi yang dapat memberikan rekomendasi atau memberikan informasi tambahan mengenai kualitas dan kualifikasi Anda, sertakan dalam surat lamaran pekerjaan. Referensi dapat membantu memperkuat surat lamaran Anda dan memberikan kepercayaan lebih kepada perekrut.

8. Jaga Panjang Surat Tetap Ideal

Surat lamaran pekerjaan sebaiknya tidak terlalu panjang. Usahakan untuk menjaga panjang surat di bawah satu halaman. Hindari pengulangan informasi yang sudah tercantum dalam CV. Focuskan pada poin-poin utama yang dapat mempengaruhi keputusan perekrut.

9. Gunakan Bahasa yang Positif

Selalu gunakan bahasa yang positif dalam surat lamaran pekerjaan. Hindari ungkapan negatif atau kritik terhadap perusahaan atau pengalaman kerja sebelumnya. Fokuskan pada kelebihan Anda dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi positif kepada perusahaan.

10. Periksa dan Edit Surat Lamaran

Sebelum mengirimkan surat lamaran, selalu periksa dan edit kembali surat tersebut. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan, atau penulisan. Baca ulang surat lamaran Anda untuk memastikan bahwa surat tersebut mudah dipahami dan mencerminkan kepribadian dan kualifikasi Anda dengan baik.

Meta Description:

Artikel ini memberikan panduan lengkap tentang cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara. Baca artikel ini sekarang!

Related video of Cara Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar